5 Tips Optimasi Media Sosial LinkedIn Untuk B2B

 In Media Sosial, Optimasi Media Sosial

LinkedIn adalah salah satu media sosial yang populer dikalangan profesional karena memang tujuan dan penggunaannya yang lebih mengarah ke karir profesional. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan media sosial lainnya yang lebih mengarah ke momen-momen pribadi, walaupun juga bisa dibuat untuk urusan bisnis, misalnya facebook atau instagram.

Pada artikel ini kami mencoba mengupas bagaimana optimasi media sosial LinkedIn untuk bisnis secara B2B (Business To Business) atau dengan kata lain bagaimana attitude yang baik jika kita ingin berbisnis di LinkedIn dengan customer kita adalah pelaku bisnis juga (bukan end user ya).

Contohnya ManajemenIT.com adalah penyedia jasa pembuatan software dan Sistem Informasi Manajemen (HRIS, Asset Management System, Financial Management, Payroll, POS atau Point of Sales, dan sebagainya), sehingga klien kami adalah pelaku bisnis yang membutuhkan software untuk menunjang bisnis mereka.

1. Gunakan foto profil yang profesional dan lengkapi biodata anda.

Dalam Linkedin kita butuh menghadirkan kesan yang profesional dan meyakinkan, sehingga gunakanlah foto profil yang membuat relasi percaya terhadap kita. Ini akan sangat beda jika kita menggunakan facebook, kita bisa menggunakan foto yang menggambarkan suasana hati dan sesukanya kita.

Berikut contoh foto profil yang cocok untuk Linkedin.
5-Tips-Optimasi-Media-Sosial-LinkedIn-Untuk-Bisnis-B2B-2017-02-01-konten-2

Berikut contoh foto profil yang biasa digunakan untuk facebook.
5-Tips-Optimasi-Media-Sosial-LinkedIn-Untuk-Bisnis-B2B-2017-02-01-konten-1

2. Ajukan pertemanan namun jangan spam relasi kita

Semakin banyak relasi akan semakin baik untuk bisnis kita. Setelah kita memperoleh persetujuan dari mereka untuk berteman jangan kirim mereka dengan katalog atau portofolio produk jasa kita. Intinya jangan sampai mereka merasa jika kita melakukan spam pada mereka dan terkesan kita mengajak mereka berteman hanya karena kita menjadikan mereka target jualan kita.

Jangan pernah menawarkan apapun pada mereka, lakukanlah diskusi yang bermanfaat sehingga mereka merasa terbantu dengan pertemanan kita.

3. Bagikan sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan bidang kita

Jadilah akun yang aktif dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan bidang bisnis kita. Misalnya manajemenit.com setiap harinya membagikan morning quotes dengan tema motivasi dan bisnis untuk menyebarkan semangat kepada relasi-relasinya. ManajemenIT.com juga membagikan artikel yang bermanfaat mengenai manajemen sistem informasi di perusahaan, artikel mengenai optimasi media sosial dan website, dan tips-tips lainnya seputar teknologi informasi.

Baca juga: 9 Kesalahan Dalam Marketing di Media Sosial

Ketika relasi-relasi kita merasa terbantu dengan sesuatu yang kita bagikan, maka reputasi kita akan terangkat dan ketika waktunya mereka membutuhkan produk atau jasa yang merupakan bidang kita, mereka tidak ragu untuk menghubungi kita.

4. Ikuti timeline dan forum di grup

Seringkali dalam timeline atau percakapan forum di grup ada relasi yang membutuhkan sesuatu yang bisa saja itu adalah peluang buat kita. Jadi jangan sampai kita ketinggalan informasi atau peluang gara-gara kita malas untuk mengecek timeline dan percakapan forum di grup.

5. Jaga hubungan dengan relasi meskipun mereka belum menggunakan produk atau jasa kita.

Deal-deal dalam bisnis sering kali butuh proses, terutama dalam konsep B2B. Butuh waktu agar mereka mengenal kita kemudian percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa kita. Jaga hubungan dengan relasi kita meskipun mereka belum pernah membeli produk atau menggunakan jasa kita. Hal terpenting adalah mereka tau akan produk atau jasa kita sehingga pada waktunya nanti mereka butuh, mereka tau kemana akan mencari. Bisa saja karena kita terus menjaga hubungan yang baik dengan relasi-relasi kita, mereka dengan senang hati merekomendasikan produk atau jasa kita ke relasi mereka lainnya yang kebetulan membutuhkan produk atau jasa yang sejenis dengan milik kita.

 

Sekian tips mengenai bagaimana optimasi media sosial LinkedIn. Pada berikanlah sesuatu yang bermanfaat terlebih dahulu kepada orang lain, maka pada waktunya nanti rejeki itu akan datang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi blog kami yang banyak membagikan tips-tips bermanfaat terkait bisnis khususnya teknologi informasi di http://manajemenit.com/blog/

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
benarkah-social-media-marketing-jitu-dalam-strategi-seo