6 Tahap Membuat Artikel Yang Seo Friendly

 In SEO

Artikel seo friendly adalah artikel yang mudah tampil di halaman pertama google untuk kata kunci yang terkait dengan topik yang di bahas. Misalnya, anda menulis artikel tentang “seo”, maka postingan anda akan muncul dengan keywords yang terkait dengan seo. Beberapa master seo memiliki teori yang berbeda – beda dalam memberikan tips – tips menulis artikel seo friendly, namun setidaknya ada beberapa kesamaan seperti kualitas artikel, penyematan keyword pada artikel, penautan pranala internal, dan sebagainya. Ini tahapan pembuatan artikel yang SEO Friendly:

 

  1. Buatlah Judul Yang Tidak Berbelit

Judul artikel harus pendek dan tidak berbelit, sehingga secara singkat anda merangkum isi artikel atau judul yang mencakup isi artikel,meskipun ringkas namun jangan sampai anda menghilangkan point utama judul atau keyword yang di targetkan dalam pencarian, misalkan :

– Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

– Cara Membuat Website

– 10 Langkah dan Cara Membuat Web Dengan Mudah

Dari Ke tiga contoh judul diatas , kita dapat mengambil kesimpulan.

– Judul pertama

Untuk judul pertama terlalu dilebih-lebihkan, biasanya judul seperti ini membuat banyak pembaca tidak yakin dengan isi artikel.

– Judul kedua

Untuk judul kedua terlalu singkat dan terlihat membosankan untuk dibaca.

– Judul ketiga

Untuk Judul ketiga cukup meyakinkan untuk menarik perhatian audien untuk ingin membaca isi artikel dan dapat diterima dengan logika.

  1. Mengidentifikasi Karakter Calon Audients

Jika tujuan Anda membuat artikel untuk di baca dan di bagikan kepada orang banyak, anda harus mencari tahu topik apa yang audien butuhkan. Anda bisa mencari tahu apa yang mereka mau dengan cara anda bergabung di forum-forum atau media sosial untuk melihat apa yang sering mereka pertanyakan kepada orang lain dan disinilah kesempatan Anda untuk memilih topik pembahasan.

  1. Sesuaikan Pemakaian Bahasa

Salah satu dari syarat artikel berkualitas adalah memiliki tata bahasa yang baik dan benar, dengan struktur kalimat yang baik untuk memudahkan pembaca mengetahui apa isi artikel anda dan mempermudah Google Spider untuk meng crawl artikel anda. Jika anda kesulitan untuk menulis artikel dengan tata bahasa yang baik anda bisa mencari kata kunci cara menulis artikel yang baik dan benar di Google untuk mempelajarinya, sebelum anda melakukan menulis sebuah artikel. Bila target audien artikel anda adalah orang tua, gunakan bahasa yang formal dan jelas untuk di baca. Bila target audien artikel anda adalah remaja , gunakan bahasa yang santai agar tidak bosan untuk dibaca.

  1. Usahakan Penulisan Artikel yang Menarik

Penulisan artikel yang menarik biasanya dapat membuat pembaca tidak bosan sampai akhir artikel. Yang terpenting adalah teknik penulisannya bagaimana anda bisa mengundang calon pembaca untuk mengunjungi website anda. Biasanya artikel yang menarik dan tidak membuat pembaca bosan adalah adanya :

URL

Umumnya URL website akan muncul secara otomatis, dibuat sama dengan judul artikel anda. Tetapi beberapa orang lebih suka menggunakan URL yang dimodifikasi. Tips dalam penulisan URL:

  1. Mengandung keyword utama
  2. Tidak terlalu panjang
  3. Usahakan tidak mengandung preposisi

Gambar

Artikel tanpa gambar itu membosankan. Jangan berpikir karena menulis artikel, lantas anda merasa tidak perlu menyertakan gambar. Entah karena malas atau alasan lain. Jangan pula hanya sekedar untuk penghias. Gambar dalam artikel untuk menerangkan konsep yang susah dijelaskan hanya dengan tulisan. Melihat lebih jauh, ini manfaat gambar dalam artikel:

  1. Tingkat bacaan jadi lebih tinggi (artikel dibaca lebih jauh)
  2. Share ke FB dan Twitter meningkat 216% dan 110%
  3. Jumlah retweet meningkat 35%
  4. Jumlah share di Facebook meningkat 85%

Dalam HTML, gunakan atribut alt untuk gambar. Jika memang berhubungan dengan gambarnya, gunakan keyword LSI dalam alt.

Link

Link ke halaman lain dan ke website lain apabila memungkinkan, sertakan internal link ke artikel lain yang berhubungan dengan topik artikel yang sedang anda tulis karena akan meningkatkan struktur website. Selain internal link, link ke website lain juga sangat penting.

  1. Artikel Harus Berkualitas dan Berbobot

Tidak mungkin anda bisa menghasilkan artikel yang berkualitas tanpa anda memahami apa kandungan dari topik yang ingin anda tulis, maka pelajari terlebih dahulu topik yang anda target, setelah itu barulah anda memulai untuk menulis topik tersebut. Dengan menguasai sebuah topik, tentu akan lebih mempermudah anda dalam melakukan penerapan kata kata dan membuat artikel yang dapat di apresiasi oleh pembaca situs anda. Dan tidak lupa jangan hanya anda fokus dengan menulis artikel namun artikel tersebut harus relevan dan berbeda dari yang lain yang pasti artikel anda asli atau original, ini akan terlihat menarik bagi pembaca dan search engine, jadi buatlah artikel yang menarik dan berbeda dari yang lain, di sini anda di uji kretifitas menulis.

  1. Menempatkan kata kunnci pada artikel

Orang sangat senang dengan artikel yang membahas sebuah topik dengan tuntas. Artikel tidak harus panjang walau singkat asal jelas itu lebih di sukai mereka, seperti kata Mattcuts: Artikel yang berguna bagi pembaca adalah artikel yang membahas dengan tuntas tidak tanggung tanggung.

Contoh saja ketika Anda sedang mencari artikel dengan topik tentang masalah Anda, ketika itu Anda menemukan situs dan kemudian membaca, tapi ternyata artikel tidak memberikan penyelesaian masalah Anda, tentu Anda langsung menngklik tombol kembali di browser Anda dan mencari

Sekian artikel dari tim kreatif ManajemenIT.com, jasa pembuatan software, jasa pembuatan website, dan jasa implementasi ERP di Surabaya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Silahkan cek artikel lainnya di sini.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
cara-menggunakan-social-media-sebagai-trik-jitu-dalam-bisnis-anda